Sahabat Motor Anda

Sunday, October 1, 2017

Cara Membuat Sumber Arus DC Tanpa Menggunakan Aki Motor

Rumahmotor.com - Beberapa motor yang sering bermasalah dengan CDI tentunya mencari cara bagaimana cara membuat jalur kabel atau kelistrikan dengan sistem DC. Pada dasarnya banyak pabrikan motor yang menggunakan sistm pengapian dc tapi jalurnya langsung berhubungan dengan aki sehingga ketika aki motor anda soak maka motor akan langsung mogok. Jadi pada dasarnya ada cara yang lebih mudah untuk menghindari hal tersebut.

Baca Juga :


Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan Cara Membuat Sumber Arus DC Tanpa Menggunakan Aki Motor. Sebagai conoth pengapian dc adalah pada motor jenis shogun kebo 110 cc. Motor ini sendiri menggunakan cdi dc dan cukup terkenal dikalangannya. Namun karena aki ada sumber arus dari motor ini maka ketika aki soak maka motor pun akan ikutan soak alias mogok. cara admin sendiri yaitu mengubah sumber arus yang digunakan tidak menggunakan aki tapi berasal dari spul atau magneto berikut penjelasan lengkapnya.

Cara Membuat Sumber Arus DC Tanpa Menggunakan Aki Motor


Cara Membuat Sumber Arus DC Tanpa Menggunakan Aki Motor


Pada dasarnya arus yang dihasilkan dari spull itu sendiri merupakan arus bolak balik atau lebih dikenal dengan arus AC. Jika anda mengeceknya bisa menggunakan osiloscope maka akan keluar grafik gelombang turun dan naik atau positif dan negatif yang akan membentuk gelombang sinus. Pada kasus ini admin akan memanfaatkan arus yang berasal dari spull tersebut  sebagai suplayer kebutuhan CDI DC. Caranya cukup dengan memutus gelombang sinus tadi menjadi setengah gelombang. Jika anda orang fisika pasti paham, sehingga ketika anda memutus maka yang terbentuk adalah setengah gelombang atau biasa dikenal sebagai arus searah atau arus penyearah.

Jika sudah disearahkan arus tersebut maka selanjutnya anda membutuhkan alat yang sebut sebagai dioda bridge atau dalam dunia motor dikenal sebagai kiprok, maka ketika arus yang dari spull tersebut melewati kiprok maka arus tersebut akan menjadu arus DC. Selanjutnya yang perlu anda perhatikan pada beberapa motor CB dan GL atau honda kabel spull biasanya terdiri atas beberapa warna sebagai berikut
  1. untuk kabel putih sebagai jalur pengisian
  2. untuk kabel kuning sebagai jalur lampu 
  3. untuk kabel hijau sebagai massa atau ground
  4. untuk kebel merah-hitam sebagai jaur pengapian AC atau spull


Kemudian setelah anda dapat membedakan kabel-kabel tersebut untuk memakai CDI DC maka jalur kabel hitam merah tadi kita potong atau dimatikan, cukup anda menggunakan 3 kabel yang tersisa. Untuk kabel putih masuk ke kiprok pasangkan dengan kabel putih begitu juga dengan kabel kuning masuk ke kiprok pasang juga dengan warna kuning. Untuk kabel hijau kiprok dan spull dijadikan satu lalu dibaut pada rangka motor sebagai massa. Untuk tahap akhirnya yaitu kabel merah pada kiprok inilah yang kemudian langsung disambung kan ke CDI, dengan anda menyambung kan kabel tersebut maka secara langsung cdi dc tidak perlu lagi memakai aki motor.

Demikian artikel ini semoga bisa menjadi tambahan referensi buat teman-teman sekalain. Jika artikel ini bermanfaat maka silahkan berkomentar dan dibagikan kepada teman-temannya. Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Sumber Arus DC Tanpa Menggunakan Aki Motor

0 komentar: