Sahabat Motor Anda

Thursday, October 12, 2017

9 Penyebab Roda Depan Mobil Bunyi yang Wajib Anda Ketahui

Rumahmotor.com - Kendaraan baik motor atau mobil pada dasarnya memiliki beragam masalah pada bagian-bagian dari kendaraan mereka, sebagai contoh adalah bunyi mobil pada bagian depan tentunya sangat menggangu anda saat berkendara. Hal ini tentunya bisa berefek pada anda ketika mengendarai mobil anda apalagi dalam perjalanan yang cukup jauh. Biasanya suara ini akan terdengar cukup keras ketika mobil anda ditikungan atau dalam keadaaan kondisi jalan yang cukup mulus namun tetap berbunyi. Hall ini tentunya harus anda sadari secepatnya karena bisa berefek pada komponen mobil yang lainnya.

Baca Juga :

Kejadian seperti ini admin sendiri rasakan pada mobil admin toyota agya, dimana pada bagian depan mobil bunyi secara terus menerus jika melewati jalan yang menggunakan dasar beton selain itu juga akan terasa terdengar jika melewati jalan yang bergelombang walaupun tidak berlubang. Oleh sebab itu admin akan memberikan penjelasan mengenai penyebab dan cara memperbaikinya. 

9 Penyebab Roda Depan Mobil Bunyi yang Wajib Anda Ketahui

9 Penyebab Roda Depan Mobil Bunyi yang Wajib Anda Ketahui


Posisi Baut Karet Support yang Sudah Kendur

Pada kasus pertama penyebab roda depan mobil berbunyi adalah pada bagian depan mobil ada yang masuk ke dalam kabin, hal ini disebbakan karena baut karet support telah kendur atau aus. Untuk posisi dari baut ini sendiri anda dapat melihatnya pada bagian karet support tujuan dari baut support ini sendiri yaitu untuk menahan dudukan sebagai penyangga shockbreaker agar tidak lepas dari posisinya.

Untuk mengatasinya cukup mudah anda bisa mengecek kembali posisi baut ini kemudian jika anda merasa longgar maka bisa dikencangkan kembali, maka bunyi yang disebabkan oleh baut yang longgar bisa teratasi.

Kerusakan pada CV Joint

Pada kasus kedua yaitu bisa disebabkan karena kerusakan pada cv joint mobil anda. Untuk kasus ini biasanya boot pada cv joint mengalami robek sehingga pelumas yang terdapat pada cv joint keluar ketika mobil anda bergerak. Hal ini sangat berbahaya jika dibiarkan karena bisa menyebabkan cv joint menjadi kering dan tidak mendapatkan pelumasan. Selain itu bisa jadi ada air yang masuk pada cv joint mobil anda sehingga menimbulkan bunyi atau bisa juga karena cv joint sudah berumur dan memang perlu diganti.

Bush Stabizer Bar dan Cushion Stabilizer Sudah AUS

Untuk kasus ketiga yaitu bisa jadi karena bush stabilizer sudah aus atau memang sudah berumur lama sehingga solusinya hanya perlu diganti karena jarang sekali rusak secara tiba-tiba, biasanya kondisinya sudah aus karena dimakan waktu sehingga menjadi tipis.

Bushing Lower Arm Karet Sobek atau Pecah

Pada kasus keempat ini bisa jadi dikarenakan bushing mobil anda mengalami pecah atau sobek, biasanya ciri-ciri dari kerusakan ini yaitu terdengar bunyi yang sangat menggangu, selain itu bunyi ini biasnya muncul ketika melewati polisi tidur atau jalang berlubang.

Cross Member yang Tidak rapat

Pada kasus kelima ini biasanya terjadi ppada cross member mobil yang tidak rapat atau bagian yang menjadi pemengang langsung lower arm, hal ini biasanya terjadi ketika anda pernah mengalami benturan keras dengan trotoar atau tembok sehingga membuat cross member menjadi tertekuk dan tidak rapat maka timbullah bunyi-bunyi yang mengggangu

Bearing roda sudah aus

Kasus keenam ini biasanya terjadi karena memang bearing roda mobil anda sudah aus dan sepatutnya diganti. Untuk mengetahui apakah bearing roda sudah aus maka anda bisa melihat ketika mobil anda didongkrak jika ban yang anda putar kemudian kocak kiri dan kanan maka kemungkinan besar bearing roda sudah aus dan harus diganti.

Permukaan Ban yang Bergelombang

untuk kasus ketujuh biasanya disebabkan oleh permukaan ban mobil yang tidak rata atau bergelombang hal ini tentunya bisa anda rasakan ketika mobil anda pacu hingga kecepatan 40 km/jam maka akan terasa bunyi-bunyi atau suara dengung yang tak hilang-hilang

Pada dasarnya Penyebab dari gelombangnya permukaan ban mobil anda bisanya dikarenakan sudut toe in-toe out dalam posisi yang salah saat gelombangnya berukuran kecil. Namun jika ukuran gelombangnya cukup besarm biasanya dikarenakan kondisi tie rod nya yang sudah kocak atau rusak. Untuk mengatasinya sendiri maka anda bisa mengganti menggunakan ban serep mobil anda dan membeli ban baru pengganti ban tersebut.

Bunyi dari Ball Joint atas dan bawah mobil

Pada kasus kedelapan ini ball joint yang mengalami kerusakan, untuk ball joint sendiri komponen ini merukan pengubah arah sudut roda sehingga ketika ball joint menjadi penyebab bunyi biasanya dikarenakan ball joint mengalami kelonggaran atau bisa jadi ball joint kemasukan debu sehingga menimbulkan bunyi.

Long Tierod yang sudah rusak

pada kasus kesembilan ini biasanya disebabkan oleh long tirod yang mengalami kerusakan dimana komponen ini berkaitan langsung dengan setir dan balancing jika hal ini rusak maka bisa jadi akan berefek pada kendaraan anda ketika dipacu dalam kecepatan tinggi oleh sebab itu ganti lah jika mengalami kerusakan pada komponen ini

Demikian artikel tentang 9 Penyebab Roda Depan Mobil Bunyi yang Wajib Anda Ketahui, semoga bisa menjadi tambahan referensi, kesemuan pengalaman ini admin tanyakan pada tukang bengkel tempat admin perbaiki mobil dan juga beberapa rujukan referensi dari internet, Terima kasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 9 Penyebab Roda Depan Mobil Bunyi yang Wajib Anda Ketahui

0 komentar: