Sahabat Motor Anda

Monday, September 25, 2017

Tips Mengecat Motor Dengan Teknik Mudah Hasil Maksimal

Rumahmotor.com - Pada dasarnya melakukan perubahan warna pada kendaraan kita bergantung dari kepuasaan kita melihat motor. Kebiasaan mengecat motor ini sudah pasti akan berdampak buruk pada kap motor jika tidak dilakukan dengan cara yang benar-benar baik. Teknik mengecat motor sendiri tidaklah sulit hanya membutuhkan kesabaran yang cukup tinggi dalam proses pengerjaanya.

Baca Juga :

Untuk proses pengejaan dari mengecat bodi motor ada beberapa teknik yang harus anda kuasai dan dipahami secara mendalam agar hasil pengecatan didapat secara maksimal. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan Tips mengecat motor dengan teknik mudah hasil maksimal, untuk teknik ini admin praktekan langsung pada motor admin dan mendapatkan hasil yang cukup memuaskan tidak kalah dengan yang hasil dari bengkel cat motor berikut penjelasan lengkapnya.

 Tips Mengecat Motor Dengan Teknik Mudah Hasil Maksimal

Langkah Teknik Pengecetan Motor 


Pada langkah awal anda harus menyiapkan alat dan bahan baku pengecatan agar hasil yang didapat bisa maksimal maka perlu dilakukan persiapan yang matang diawal, hal ini tentnya agar dari tahap awal sampai pada akhir segala kebutuhan dipermudah dan dapat berjalan dengan lancar. 

Alat dan Bahan Baku yang perlu dipersiapkan antara lain

  • Amplas
  • Dempul
  • Epoxy
  • Tinner
  • Cat Sesuai kebutuhan 
  • Clear Coat
  • KIT
  • Kompresor angin
  • selangan angin
  • sped car


Untuk kesemua alat dan bahan diatas wajib anda sediakan sebelum melakukan proses pengecatan agar proses dari pengecatan berjalan dengan lancar.

Langkah Pertama

Pada langkah awal ini anda bisa memulai dengan melakukan pengamplasan pada bodi kap yang akan dilakukan pengecatan tujuannya adalah untuk memperhalus dari permukaan body pada saat akan dicat. Untuk proses pengamplasan anda bisa menggunakan amplas yang berukuran 400 saja pada bodi kap motor yang berbahan dasar plastik dan untuk berbahan dasar besi atau kaleng seperti pada velg dan rangka motor anda bisa menggunakan amplas yang berukuran 200. Perbedaan ini tentnya untuk bisa mendapatkan hasil maksimal karena perbedaan bahan dasar dari bodi dan rangka motor.

Langkah kedua

Pada langkah selanjutnya setelah anda melakukan proses pengamplasan maka anda bisa lanjut pada tahap penyemprotan epoxy, untuk menggunakan epoxy sendiri harus dilakukan pencampuran menggunakan tinner atau bisa juga menggunakan bensin tapi admin rekomendasikan menggunakan tinner agar hasil maksimal. Pada campurannya ini diusahakan campuran yang digunakan itu tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental artinya bisa dipakai campuran yang sedang. untuk tujuannya sendiri dari epoxy yaitu untuk menutupi pori-pori agar permukaan cat menjadi halus dan merata.

Sebagai catatan jika pada kasus ini masih terdapat pori-pori atau permukaan cat yang tidak merata maka disarankan untuk menggunakan dempol sebagai alternatif agar meraatakan permukaan bodi setalah itu biarkana dkeringkan dan dilakukan penyemprotan epoxy untuk kedua kalinya dan biar kan hasil semprotan mengering secara betul baru kemudian dilanjutkan kembali.

Langkah ketiga

Pada tahapan ini anda sudah bisa melakukan penyemprotan dasar cat pada motor anda dan sama pada cara sebelumnya campuran juga harus seimbang antara cat dengan tinner yang digunakan. Biasanya untuk warna dasar dapat menggunakan warna putih.

Langkah Keempat

Kemudian pada tahap ini anda harus betul-betul memperhatikan apakah warna dasar sudah betul-betul kering atau belum sebelum anda melanjutkan pada tahapan pemberian cat pada bodi motor sesuai dengan warna yang anda inginkan. Pada tahap ini sering disebut sebagai penyemprotan clear, untuk clear sendiri memiliki dua campuran yaitu obat clearny dan tinner. sama seperti campuran-campuran sebelumnya semuan harus dalam kondisi seimbang atau sedang-sedang saja. Setelah proses ini selesai usahakan bodi dikeringkan sekering-keringnya agar anda mendapatkan hasil yang maksimal.

Kemudian sebagai pengingat untuk pemilihan merk cat, tinner dan sebagainya anda dapat sesuaikan dengan kebutuhan anda dan sumber dana anda.

Langkah kelima

Pada langkah terakhir ini, anda dapat melakukan kit atau compon pada bodi motor yang sudah dicat tujuanya untuk menghilangkan debu dan kotoran-kotoran yang menempel namun jika anda merasa bodi motor bersih maka tahapan ini boleh tidak dilakukan

Demikian artikel tentang  Tips mengecat motor dengan teknik mudah hasil maksimal, semoga bisa menjadi tambahan referensi buat teman-teman sekalian

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Mengecat Motor Dengan Teknik Mudah Hasil Maksimal

0 komentar: