Sahabat Motor Anda

Thursday, September 21, 2017

Penyebab dan Cara Mengatasi Kampas Rem yang Berbunyi

Rumahmotor.com - Permasalahan pada motor pada dasarnya memliki sebab dan akibat yang berbeda dan penanganannya tentunya juga berbeda tinggal kita yang memahaminya apa masalah dan efek dari masalah itu. Seperti pada kasus yang sering juga kita jumpai pada motor ketika kita berkendara yaitu terdengar bunyi pada saat kita akan mengerem motor akan muncul bunyi decit yang buat telinga menjadi sakit. Permasalahan ini biasanya terjadi ketika masuk pada musim penghujan, rem motor akan berbunyi terus seperti ada yang menjanggal pada kampas rem motor.

Baca Juga :

Pada dasarnya kita semua mengetahui bahwa rem merupakan komponen penting dari sebuah motor. Hal ini tentnya tidak boleh dianggap sepeleh karena akan berdampak besar pada keselamatan kita. Beberapa pengedara banyak yang tidak ambil pusing ketika rem berbunyi padahal itu merupakan sebuah tanda bahwa rem motor sedang bermasalah.

Penyebab dan Cara Mengatasi Kampas Rem yang Berbunyi


Faktor-faktor Penyebab Kampas Rem Berbunyi


Kampas Rem Kotor

Pada kasus ini sebenanya disebabkan oleh debu dan kotoran yang masuk kedalam kampas rem motor, hal ini terjadi biasanya pada daerah pedesaan atau ketika kita melintasi daerah yang kotor dan berbedu perlahan-lahan kotoran akan menempel pada bagian kampas rem. Untuk mengatasi permasalaha ini pada dasarnya cukup mudah hanya dengan membersihkan kampas rem motor menggunakan amplas atau kain pembersih, usahakan jangan terlalu keras agar kampas tidak menjadi tipis karena pembersihan.

Kampas rem tipis

Pada kasus kedua yaitu disebabkan kampas rem yang sudah tipis , bunyi yang timbul sendiri merupakan efek dari gesekan logam kampas rem dengan disc brake sehingga menimbulkan suara decita pada rem. Selain itu jika kampas rem sudah tipis sebaiknya segera menggantinya karena ini demi kesalamatan anda sendiri.

Kampas rem tercampur oli atau minyak

pada kasus ketiga ini biasanya disebabkan oli rantai yang biasa masuk pada kampas rem sehingga menimbulkan bunyi decitan, hal ini tentunya harus segera diatas agar kampas rem tidak menjadi pakem.

Kampas rem slip dan piringan brake sudah menipis

pada kasus terakhir ini disebabkan karena pengguna sering menakan tuas rem sehingga rem menjadi pakem atau kaku hal ini juga menimbulkan bunyi decitan, kemudian kedua piringan brake sudah tipis hal ini tentunya karena piringan sudah memakan usia artinya wajar ketika dilakukan pergantian wajib.

Demikian artikel tentang Penyebab dan cara mengatasi kampas rem yang berbunyi, semoga bisa menjadi tambahan referensi buat teman-teman sekalian.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penyebab dan Cara Mengatasi Kampas Rem yang Berbunyi

0 komentar: