Sahabat Motor Anda

Wednesday, September 13, 2017

Defenisi Motor AC dan Jenis-Jenis Motor AC Terbaru

Rumahmotor.com - Sebelum membahas lebih jauh apa itu Motor Ac, tentunya kita bertanya-tanya bagaimana yang dikatakan dengan motor ac itu sendiri. Motor AC pada dasarnya motor yang menggunakan tenaga listrik yang bekerja menggunakan tegangan AC atau arus bolak balik dalam bahasa fisikanya. Motor ac sendiri terdiri atas dua komponen utama yaitu stator dan rotor. Stator sendiri dalam pengertiannya merupakan bagian motor yang statis sedangkan rotor merupakan bagian motor yang berputar.

Baca Juga : 
Defenisi Motor AC dan Jenis-Jenis Motor AC Terbaru

Jenis-Jenis Motor AC

Ada beberapa jenis motor ac yang ada saat ini dan tentunya memiliki fungsi dan cara-cara yang berbeda dalam pengerjaanya oleh sebab itu, perlu anda memahami bagaimana proses kerja dari setiap jenis jenis motor ac seperti penjelasan berikut ini.

Motor AC Sinkron 

Pada dasarnya motor ac sinkron adalah jenis motor ac yang bekerja pada kecepatan tetap atau statis pada sistem tertentu.  oleh sebab itu motor jenis ini membutuhkan arus dc dalam membangkitkan daya serta memiliki torque yang rendah. sehingga penggunaan motor ac sangat cocok untuk penggunaan awal dengan beban rendah seperti pada kompresor udara dan generator motor.

Ada dua komponen utama dari motor ac sinkron yaitu :

  • Rotor berfungsi sebagai pembeda utama antara motor sinkron dengan motor induksi  adalah pada rotor mesin sinkron bekerja pada kecepatan yang sama dengan perputaran medan magnet. Hal tersebut memungkinkan sebab medan magnit rotor tidak lagi tereduksi .
  • Stator berfungsi sebagai penghasil medan magnet yang berputar sebanding dengan frekuensi yang dimasukkan.


Motor AC Induksi 

Untuk jenis motor kedua ini yaitu motor induksi merupakan jenis motor paling umum yang digunakan untuk berbagai peralatan pada kerja-kerja industri. selain itu motor induksi terbilang murah dan mudah didapatkan serta dapat langsung dihubungkan ke sumber daya ac


Komponen Utama Motor Ac Induksi

Sama seperti pada motor ac jenis sinkron, motor jenis induksi juga memiliki dua jenis komponen utama yaitu rotor dan stator. Untuk rotor sendiri terbagi atas dua bagian yaitu 
rotor kandang tupai yang terdiri a dari batang penghantar tebal yang dilekatkan dalam petak-petak slots paralel. Batang-batang tersebut diberi hubungan pendek pada kedua ujungnya dengan alat cincin hubungan pendek.


  • Lingkaran rotor yang memiliki gulungan tiga fase, lapisan ganda dan terdistribusi. Dibuat melingkar sebanyak kutub stator. Tiga fase digulungi kawat pada bagian dalamnya dan ujung yang lainnya dihubungkan ke cincin kecil yang dipasang pada batang as dengan sikat yang menempel padanya
  • Stator sendiri terbuat dari sejumlah stampings dengan slots untuk membawa gulungan tiga fase. Gulungan ini dilingkarkan untuk sejumlah kutub yang tertentu. Gulungan diberi spasi geometri sebesar 120 derajat.


Demikian artikel ini semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadi tambahan referensi buat teman-teman sekalian

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Defenisi Motor AC dan Jenis-Jenis Motor AC Terbaru

0 komentar: