Sahabat Motor Anda

Tuesday, September 26, 2017

7 Langkah Mudah Bore Up Suzuki Thunder 125 CC Menjadi 200 cc

Rumahmotor.com - Melakukan bore up atau biasa dikenal sebagai over size mesin motor memang sudah sering dilakukan bahkan hampir semua motor jepang sudah pernah dilakukan bore up. Tujuanya pasti tentunya agar kecepatan motor menjadi lebih tinggi dan motor menjadi lebih kencang dari standar yang dikeluarkan oleh pabrikan. Pada kesempatan kali ini admin akan mengulas sang raja motor diera tahun 2005 yang dikeluarkan oleh Suzuki. Motor SUzuki Thunder 125 cc dengan bodi dan rangka yang cukup besar tentunya banyak kalangan yang mengatakan tidak sesuai dengan kapasitas mesin yang kecil.Oleh sebab itu dicarikan berbagai solusi untuk meningkatkan kapasitas mesin dari Suzuki Thunder 125 cc ini.

Baca Juga :

Pada kasus bore up thunder 125 cc ini terbilang cukup mudah ada tujuh langkah yang akan admin berikan untuk dilakukan perombakan pada komponen-komponen dari thunder ini berikut penjelasan lengkapnya :

7 Langkah Mudah Bore Up Suzuki Thunder 125 CC Menjadi 200 cc


7 Langkah Bore Up Thunder 125 cc 


Langkah Pertama

Sebagai langkah awal anda harus mengganti klep thunder yang kecil dan mengganti klep tersebut dengan yang berukuran lebih besar lagi sebagai contoh anda bisa menggunakan klep pada motor sonic, honda tiger dan masih banyak lagi. Admin sarankan untuk klep cukup motor sonic sudah memenuhi.

Langkah Kedua

Untuk langkah kedua anda bisa melakukan pergantian piston thunder 125 cc yang asli dengan menggunakan piston yang sudah di bore up atau jika tidak ingin mengganti bisa dibeli tergangantung kesanggupan teman-teman sekalian. Admin bisa memberikan saran jika ingin irit maka piston ori saja yang digunakan untuk dilakukan bore up.

Langkah ketiga 

Pada langkah ini anda wajib melakukan strook stang piston agar lebih pendek, untuk melakukannya sebaiknya dibawa ke bengkel jangan dilakukan sendiri jika anda belum handal dalam melakukan bubut agar tidak terjadi kesalahan fatal dalam proses pemendekan stang piston.

Langkah keempat

Selanjuntya pada langkah ini anda melakukan proses bubut atau gerenda noken as agar bisa lebih tipis dan lebih pendek tujuannya adalah agar pada bagian bawah bisa lebih melunjak atau optimal.

Langkah kelima

Pada langkah selanjutnya anda wajib melakukan perbesaran pada in dan out dari mesin tujuannya agar piston yang sudah dilakukan pergantian dapat masuk dan keluar dengan mudah. Untuk melakukan perbesaran dapat dikoroki saja atau di amplas.

Langkah keenam

Pada langkah ini anda dapat melakukanya sesuai dengan budget yang anda miliki sebagai saran bisa menggunakan karbu king, nsr sp, ninja atau PJ 34. Selain itu pada dasarnnya admin memberikan saran anda bisa menggunakan karbu bawaan saja dari thunder karena sudah menggunakan karbu vakum jadi tidak perlu terlalu dikhawatirkan. tujuan agar mesin lebih bekerja secara maksimal dan suply bahan bakar menjadi deras.

Langkah ketujuh

Pada langkah terkahir yaitu melakukan pergantian CDI yang unlimiter misalnya anda dapat menggunakan CDI pada shogun, BRT, Rextor. kesemuan saran admin bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan kawan-kawan sekalian. 

Sebagai catatan jika anda ingin motor lebih kencang lagi admin bisa sarankan menggunakan piston dari Yamaha Scorpio yang lebih besar tentunya hal ini bisa membuat motor anda jadi lebih kencang lagi.

Demikian artikel tentang 7 Langkah Mudah Bore Up Suzuki Thunder 125 CC Menjadi 200 cc semoga bermanfaat, terima kasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 7 Langkah Mudah Bore Up Suzuki Thunder 125 CC Menjadi 200 cc

0 komentar: