Sahabat Motor Anda

Monday, August 7, 2017

Penyebab Busi Motor Cepat Hitam dan Mati

Rumahmotor.com - Beberapa masalah yang sering terjadi pada motor baik pada kelistrikan, rem dan beberapa masalah lainnya . Penyebab masalah pada motor juga sering terjadi pada busi motor, biasanya busi motor yang bermasalah dikarenakan busi motor yang cepat hitam dan mudah mati. Oleh sebab itu perlu diketahui apa yang menjadi penyebab busi motor cepat hitam dan mati. 

Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan beberapa tips kepada seluruh sahabat rumah motor untuk mengetahui beberapa penyebab busi motor cepat hitam dan mati, berikut penjelasanya.

Baca Juga : 



 Penyebab Busi Motor Cepat Hitam dan Mati

Penyebab Busi Motor Cepat Hitam dan Mati


Beberapa pengalaman yang admin alami ketika terjadi hal seperti ini yaitu langsung mengganti busi motor tersebut. Namun belakangan busi yang sering diganti dalam jangka waktu yang singkat membuat admin mencari penyebab busi motor cepat hitam dan mati ada beberapa pejelasanya

Pertama Suplai bensin boros dan setelan udara kurang. 

Pada kasus kali ini kita sering mengabaikan masalah ini hal ini dikarenakan agak sulit mendeteksi dari kasus ini karena tidak berpengaruh secara signifikan. Hanya saja ketika motor anda tidak pernah diservice dalam waktu yang cukup lama maka knalpot motor akan mengeluarkan asap hitam maka ini lah sebagai tanda bahwa konsumsi bensin menjadi lebih boros dari sebelumnya.

Pada kasus ini anda dapat melihatnya ketika pagi hari anda akan menyalakan motor anda jika digas dan mengeluarkan asap hitam pekat dan bau yang cukup menyengat, hal ini merupakan tanda bahwa setting suplai bahan bakar kurang sempurna yang artinya campuran antara bensin dan udara tidak seimbang.

Pada kasus seperti ini bensin motor akan bersifat lebih basah karena proses pembakaran tidak bisa tuntas sehingga ada sisa yang tertinggal pada ruang bakar dan menjadi kerak pada mesin. Tidak hanya menempel pada kepala busi, kerak ini kelamaan akan mengeras dan menempel pada klop silinder serta permukaan klep..

Kedua Kompresi ring piston bocor oli mmasuk ruang bakar

Pada kasus kedua penyebab busi cepat hitam dan mati disebabkan karena kompresi ruang bakar yang sudah bocor diakibatkan ring piston maupun seal klep aus

Kasus kejadian bocor ini berdampak pada masuknya oli mesin masuk kedalam ruang bakar dan membuat pembakaran tidak sempurna sehingga akan meninggalkan residu yang lebih pekat daripada gejala boros bensin.

Ciri-ciri pada kasus ini adalah tampaknya dari knaalpot motor yang mengeluarkan asap putih dan tidak berhenti meskipun kondisi mesin sudah cukup panas. Khususnya pada saat mesin benar-benar dingin maka penyalaan pertama cenderung akan sulit karena kepala busi sangat basah akibat endapan oli mesin.

Dari kedua masalah tersebut diatas maka hal yang paling mutla k yang diakibatkan kerusakan pada busi sehingga usia busi menjadi lebih singkat. Jika anda rajin membersihkan busi tetap lama kelamaan akan mengalami kerusakan.

Demikian artikel tentang Penyebab Busi Motor Cepat Hitam dan Mati, Terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penyebab Busi Motor Cepat Hitam dan Mati

0 komentar: