Sahabat Motor Anda

Thursday, August 3, 2017

Cara Memperbaiki Aki Kering Pada Motor

Rumahmotor.com - Permasalahan pada motor salah satunya adalah kerusakan pada aki motor atau aki dalam keadaan soak.Tentunya ini akan menjadi masalah yang sangat menganggu kita dikarenakan segala hal yang berkaitan dengan kelistrikan motor akan terganggu seperti klakson motor, lampu depan belakang dan weser motor akan terganggun dan juga akan menggangu stater motor anda.

Pada Kesempatan kali ini admin akan memberikan cara memperbaiki aki kering pada motor berikut penjelasan lengkapnya.


Pada awalnya ada beberapa bahan dan alat yang mesti dipersiapkan terlebih dahulu seperti berikut :

Cara Memperbaiki Aki Kering Pada Motor


Pertama adalah cairan aki (zuur). air aki ini yang dimaksud adalah air yang digunakan pada saat pengisian aki baru. Karena tipe dan komposisi air zuur akan berbeda dengan air yang digunakan sebagai penambah biasa.

Kedua sediakan mata obeng plat ataupun sejenisnya yang dapat dipakai untuk mencungkil aki 

Ketiga SPED atau suntikan yang sering digunakan untuk memasukan tinta pada printer

Keempat Sealent atau lem plastik digunakan untuk lem tembak untuk digunakan menutup kembali penutup aki setelah diperbaiki

Setelah bahan dan alat telah siap selanjutnya tahap pengerjaan yaitu sebagai berikut :


Bersihkan terlebih dahulu seluruh body aki kemudian buka penutup atas dengan mencukitnya. Karena dari pabrik biasanya di rekatkan sangat kuat agar tidak ada kebocoran, maka perlu dilakukan dengan hati hati jangan sampai bagian ini pecah.

Berikutnya jika anda jumpai tutup karet yang menyumbat lubang aki bisa anda buka dengan mudah kemudian siapkan air zuur yang sudah anda masukkan kedalam tabung suntikan lalu masukkan cairan hingga sebatas 1cm di bawah lubang aki.

Tutup kembali lubang dengan karet penutup aslinya pastikan tidak ada kebocoran atau bahkan sekedar merembas dengan cara membalik badan aki.

Tahap akhir adalah menutup kembali body aki seperti semula dan jangan lupa rekatkan dengan lem sampai benar benar aman dan tidak mudah terlepas.

Selanjutnya setelah anda diperbaiki dan kembali kekeadaan semula ada beberapa hal yang masih perlu anda lakukan sebagai berikut :

Lakukan pengisian tegangan daya listik pada aki, dalam tahap ini anda dapat melakukanya dengan langsung membawa ke toko pengisian daya listrik biasanya ada di tempat servis alat-alat elektronik ataupun bengkel yang lengkap

Setelah itu pada pemasangan awal pada motor hendaknya mesin dinyalakan pada posisi stasioner dalam rentang waktu 30 menit hingga 1 jam karena kondisi aki yang benar-benar kosong tujuanya adalah agar kapasitas daya cukup maksimal. Jangan lupa memerikasa tengangan dengan menggunakan avometer untuk memastikan tegangan normal pada kisaran 11,5 - 13 vol DC

Demikian artikel tentang cara memperbaiki aki kering pada motor semoga bermanfaat, terima kasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Memperbaiki Aki Kering Pada Motor

0 komentar: