Sahabat Motor Anda

Wednesday, August 23, 2017

3 Penyebab Motor Injeksi Mati dan Cara Menghidupkanya

Rumahmotor - Pada beberapa kasus kerusakan pada motor injeksi tentunya kita sering dihadapkan pada masalah ini, Untuk mengatasi permasalahan pada motor jenis injeksi tentunya berbeda dengan motor jenis karburator. Pada jenis karburator permasalahn jika tidak berada pada komponen lain tentuya bisa langsung dicek pada karburator yang kotor atau jarang dibersihkan

Baca Juga : 

Pada kasus kali ini, motor injeksi memiliki cara kerja tersendiri dalam sistem operasionalnya, Pada teknologi injeksi didalam mesin yang dulunya menggunakan sistem karburator diganti dengan teknologi EFI (electric fuel injection), teknologi ini sendiri adalah sebuah teknologi dimana pada bagian mesin yang bertugas untuk menggantikan fungsi dari karburator namun telah terintegrasi secara elektronik. Pada sistem EFI komponen karburator disederhanakan menjadi hanya katup gas dan venturi. Sementara bahan bakar langsung disuplai dari tangki melalui injektor yang penyemprotanya diatur secara elektrik oleh ECU sehingga lebih efesien dalam penggunaanya.


 3 Penyebeb Motor Injeksi Mati dan Cara Menghidupkanya


3 Penyebab motor injeksi mati dan cara menghidupkanya


Voltage Beterai Rusak

Pada kasus pertama yaitu voltage baterai, untuk penyebab dengan kasus ini tentunya sudah sering terjadi namun pada kasus motor injeksi dan motor karburator berbeda dalam penggunaan aki motor, jika pada motor karburator aki berfungsi sebagai stater motor untuk kasus pada motor injeksi berbeda karena fungsi aki motor meningkat.

Pada motor yang menggunakan sistem injeksi aki juga bertugas menyuplai arus ke ECU berserta fuel pump, sehingga jika aki mengalami masalah maka motor bisa mati total. 

Untuk solusinya dapat melakukan pergantian baterai atau aki namun jika pada posisi terjepit anda bisa minta aki motor teman anda untuk dipinjam sementara waktu.


Fuel Pump Mati

Pada kasus kedua yaitu fuel pump mati, untuk kasus ini hanya dapat anda temukan pada motor jenis injeksi dimana fungsi dari fuel pump ini sendiri sangatlah penting dikarenakan berfungsi sebagai penyuplai bahan bakar dari tanki ke fuel line dengan tekanan tertentu.

untuk mengetahui apakah fuel pump berfungsi atau tidak ada dapat memerikanya ketika posisi kunci kontak ON. Apabila fuel pump berfungsi maka akan terdengar bunyi dengungan dari dalam tanki hingga beberapa saat, selain itu anda dapt memeriksanya pada speedometer apabila indikator check engine mati maka hal ini tentunya menjadi tanda kerusakan pada fuel pump, jika hal terjadi sebaiknya segera melakukan pergantian.

Sensor Bermasalah

Untuk kasus ketiga yaitu kerusakan pada salah satu sensor, dimana pada kasus sistem motor injeksi terdapat bagian penting yaitu sistem sensor yang berfungsi untuk mengecek keadaan pada area tertentu, sensor ini kemudian mengirimkan data yang memuat aliran udara, dan suhu aliran udara intake. 
Ketika ada kerusakan pada sensor maka akan berefek pada mesin yang hidup tidak sempurna hingga mati. Biasanya masalah ini diawali dari lampu Check engine yang menyala. Untuk mengetahui sensor mana yang mengalami kerusakan anda memerlukan scanner, atau membawanya ke bengkel resmi.

Demikian artikel tentang 3 Penyebeb motor injeksi mati dan cara menghidupkanya, semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 3 Penyebab Motor Injeksi Mati dan Cara Menghidupkanya

0 komentar: