Sahabat Motor Anda

Friday, June 2, 2017

4 Hal Penyebab Klakson Motor Mati atau Bersuara Lemah

Rumahmotor.com - Selamat siang para rider sekalian, Pada kesempatan kali admin akan sedikit mengulas penyebab klakson motor mati atau suaranya lemah. Tentunya kejadian seperti ini sudah banyak dialami oleh para rider sekalian terutama pada motor yang telah memasuki usia 3 sampai 5 tahun biasanya akan menghadapi kendala seperti ini.

Baca juga : Penyebab Knalpot Meledak-ledak dan cara mengatasinya 

Pada dasarnya banyak yang sering mengabaikan salah satu komponen motor ini karena dianggap tidak terlalu sering digunakan atau bahkan tidak menggangu sama sekali jalanya motor anda. Namun perlu disadari bahwa perang penting dari klakson motor akan sangat penting ketika malam hari atau bahkan pada siang hari diwilayah perkotaan maupun pengunungan akan menjadi sangat penting. Kebiasaan kita untuk tidak memperhatikan klakson motor akan menjadi kerugian buat kita sendiri.

4 Hal Penyebab Klakson Motor Mati atau Bersuara Lemah


Komponen ini pada dasarnya mempunyai penyebab jika mengalami kerusakan dan biasanya pengguna yang telah rusak klaksonnya akan jarang sekali melakukan perbaikan. Ada penyebab kenapa klakson motor tidak berbunyi atau bersuara lemah, Berikut penjelasanya :


Penyebab Klakson Mati atau Bersuara Lemah 


Pertama baut pengatur klakson kendor
Hal ini tentunya sering menjadi masalah yang sepele pada klakson motor kita namun masih saja luput dari perhatian sehingga ketika pada bagian ini rusak akan sangat jarang ada yang mengetahui atau ingin memperbaikinya. Kendornya baut plat metal klakson karena getaran pada mesin motor secara terus menerus. Jika hal ini terjadi maka suara klakson akan mati atau lemah hal ini dikarena kan antara dua metal dalam klakson tidak menghasilkan frekuensi yang tepat.

Kedua metal kontraktor rusak atau kotor
Hal ini biasanya terjadi pada klakson yang sudah berusia tua bianysa pada komponen ini mengalami kerusakan atau sudah sangat kotor. Kontraktor sendiri adalah tempat terjadinya hubungan arus listrik (DC). Pada kasus ini jika anda mencoba menyalakan klakson maka akan timbul percikan api dari kontraktor tersebut, Jika hal itu tidak terjadi maka akan menimbulkan kerak, kerak ini lah yang kemudian menjadi penghambat atau resistor arus yang akan masuk.

Ketiga Induksi pada kawat lilitan klason atau lilitan lemah
Hal ini terjadi sama pada kasus kedua yaitu klakson sudah mengalami usia yang senja, kasus ini terjadi karena pada lapisan pelapis kawat sudah terkelupas 

Keempat klakson mati total
Pada bagian ini biasanya anda sudah harus mengganti komponen dari klakson yang rusak, silahkan ada mencoba untuk mengecek dari kawat lilitan apakah ada yang putus, kemudian kerusakan pada magnet, plat dan metal kontrkator yang patah kesemuan hal tersebut bisa menjadi penyebab klakson motor menjadi rusak.

Demikian artikel ini semoga bisa menjadi tambahan referensi buat para rider sekalian tetap jaga motor anda, terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 4 Hal Penyebab Klakson Motor Mati atau Bersuara Lemah

0 komentar: