Sahabat Motor Anda

Wednesday, May 3, 2017

Cara Mudah Mengatasi Rantai Kecil yang Berbunyi

Rumahmotor.com -  Jumpa lagi kali ini admin akan mengulas kejadian yang menimpa motor salah satu teman admin. Beberapa persoalan pada motor pada dasarnya diakibatkan oleh human error atau kesalahan dari para pengguna motor itu sendiri selain itu biasanya penggunaan dari alat suku cadang motor yang memang sudah cukup tua namun masih saja digunakan akan memberikan dammpak yang cukup signifikan terhadap motor kita. Pada kesempatan kali ini admin akan mengulas mengenai rantai kecil pada motor atau biasa juga disebut rantai keteng.

Rantai kecil atau timing chain dalam bahasa inggrisnya adalah rantai yang menerima putaran dari crankshaft. Putaran tersebut digunakan untuk menggerakan chamshaft dikepala silinder, nah chamshaft ini sendiri merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mengatur beberapa klep mesin. oleh sebab itu jika rantai kecil ini rusak maka proses buak tutup klep menjadi tidak sempurna dan pembakaran menjadi tidak sempurna juga.Bahkan dalam beberapa kasus ada yang sampai rantai kecilnya putus ini disebabkan bagi mereka yang suka balapan dan menguji motor mereka dengan kecepatan yang tinggi.


Cara Mudah Mengatasi Rantai Kecil yang Berbunyi


Penyebab Rantai Kecil Rusak

pertama pada dasarnya rantai kecil motor rusak biasanya disebabkan dari pemakaian yang memang sudah lama dan tidak diganti alias rantai kecil sudah rusak. biasanya terjadi pada motor yang sudah diatas tiga sampai lima tahun

kedua beberapa perlakuan yang salah dalam motor juga turut menjadi pemicu rusaknya rantai kecil misalnya suhu mesun yang panasnya melebihi keadaaan normal 

ketiga karena jarangnya melakukan pergantian oli atau sering terlambat melakukan pergantian oli bisa menjadi faktor penyebab rantai kecil menjadi rusak.

keempat kendur atau melarnya rantai motor sering juga terjadi namun ini sering disebabkan karena jarangnya mengganti oli mesin motor.

Sebagai tips untuk mengetahui apakah rantai kecil motor anda bermasalah anda dapat mengetahuinya dengan cukup mudah, caranya anda cukup memanaskan motor anda jika dalam waktu 10-15 menit terdapat suara tek tek tek pada motor anda kemudian hilang itu berarti oli motor anda perlu diganti karena bisa menjadi salah satu penyebab rantai kecil berbunyi. Jika terus berbunyi diatas 15 menit kemungkinan besar  tensioner motor anda yang bermasalah jika hal ini terjadi segera lakukan pergantian oli secara rutin kemudian jangan mengangkut beban berat pada motor dan terakhir usahkan berkendara lah dengan baik. Jika masih berbunyi kemungkinan besar harus diganti usahakan menggunakan suku cadang yang asli.

Demikian artikel ini semoga bisa menjadi solusi yang baik buat teman-teman sekalian, terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mudah Mengatasi Rantai Kecil yang Berbunyi

0 komentar: