Sahabat Motor Anda

Wednesday, May 3, 2017

5 Cara Mengetahui Mesin Motor Cepat Panas dan Mengatasinya

Rumahmotor.com - Penyakit pada motor memang tidak ada habisnya hampir tiap bulan tentunya kita akan dihadapkan pada persoalan motor yang bermasalah. Pada dasarnya motor yang bermasalah adalah kesalahan dari kita sendiri yang sering lalai dalam melakukan perawatan dengan motor kita sendiri sehingga hal-hall yang tidak diinginkan sering menimpa motor kita.

Motor sendiri merupakan salah satu kendaraan yang favorit baik desa maupun dikota sehingga tidak heran banyak yang kemudian mencari cara untuk bisa mengatasi persoalan pada motor mereka. Pada kesempatan kali admin akan membagikan cara mengatasi motor yang cepat panas

5 Cara Mengetahui Mesin Motor Cepat Panas dan Mengatasinya

Pertama radiator atau pendigin mesin yang mengalami masalah

Hal ini tentunya yang akan kita cari tahu pertama kali jika motor kita mengalami kendala dengan motor yang cepat sekali mengalami panas, kemungkinannya adalah adanya permasalahan pada pendigin motor. Untuk motor sendiri ada beberapa pendingin yang biasa terdapat pada motor seperti sistem pendingin cairan , sistem pendingin oli mesin dan terakhir sistem pendigin udara. Pada dasarnya sistem pendingin udara dan oli jarang sekali terjadi yang sering mengalami masalah adalah sistem pendingin cairan kemungkinan besar cairan yang sudah habis atau mengalami kebocoran pada radiator.

Kedua boring yang sudah mengalami oversize 

Pada permasalahan kedua ini seperti diketahui boring dan liner yang semakin menipis akan memamcu panas yang berlebihan pada saat motor menyala, hal ini disebabkan karena terjadi gesekan antara piston, ring piston dengan linier.

Ketiga menahan rpm pada level yang tinggi

Keadaan ini biasanya terjadi pada mereka yang suka menggeber-geber motor mereka dengan gas yang tinggi, tidak perlu diragukan lagi hall ini tentunya akan menjadi pemicu panas yang sangat tinggi sehingga RPM motor anda yang dipacu sebaiknya dibuat bervariasi atau bahkan jangan terlalu keseringan bisa merusak komponen motor yang lainnya.

Keempat perjalanan jauh dengan kecepatan yang tinggi.

Tentunya persoalan ini terjadi pada mereka yang sering touring dengan perjalanan yang sangat jauh dan dengan kecepatan yang tinggi, jika anda melakukan perjalanan jarak namun motor anda tidak menggunakan radiator sebaiknya berhentilah sejenak untuk mendinginkan motor anda agar menjaga kondisi motor tetap dalam keadaan prima selalu.

Kelima oli mesin yang tidak sesuai

Hal ini bisa menjadi salah satu pemicu panas motor menjadi cepat naik, karena pada dasarnya oli yang tidak sesuai dengan kondisi atau spesifikasi motor anda akan cenderung membuat motor anda menjadi cepat panas. selain itu jika anda menggunakan oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin motor anda akan memicu motor mengeluarkan asap yang bisa membuat motor anda menjadi rusak, oleh sebab itu pemilihan oli mesin yang sesuai bisa membuat motor anda menjadi lebih optimal dijalanan.

Demikian artikel ini semoga bisa menjadi tambahan referensi buat teman-teman sekalian, terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Cara Mengetahui Mesin Motor Cepat Panas dan Mengatasinya

0 komentar: