Sahabat Motor Anda

Thursday, April 20, 2017

Cara Memperbaiki Stang Motor yang Goyang dan Tidak Stabil

Rumahmotor.com - Penyakit pada motor satu ini pasti pernah anda rasakan dimana stang motor berasa tidak stabil dan bergoyang pada saat kita berada dijalan yang lurus. Hal ini tentunya sangat berbahaya bagi anda dalam mengenderai motor dengan kondisi seperti ini. Oleh sebab itu sangat membahayakan anda jika terus dipaksakan, alasan dari penyebab goyangnya stang motor sendiri ada banyak bisa saja anda karena sering masuk lubang atau karena motor anda pernah jatuh tanpa anda ketahui. beberapa faktor yang utama biasaya velg yang bengkok atau lainnya oleh sebab itu perlu anda untuk mengecek satu persatu dari motor anda faktor apa kemudian yang mempengaruhi motor anda sehingga bisa menjadi demikian.

Baca Juga :


Berikut Beberapa faktor yang anda harus periksa jika motor anda tidak stabil dan terasa bergoyang

Cara Memperbaiki Stang Motor yang Goyang dan Tidak Stabil

Pertama periksa kondisi ban 

Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan apakah tekanan angin pada ban motor anda tidak berkurang atau dalam keadaan kempes atau kekurangan angin. Bisa juga yang menjadi penyebabnya adalah kondisi ban yang bergelombang atau bisa saja tambalan ban motor anda yang sering terjadi juga harus ada periksa dengan seksama. Bila penyebabnya hal ini maka segera lah untuk mengganti ban motor anda agar dalam berkendara bisa tetap safety.

Kedua periksa kondisi velg

Hal ini juga sering terjadi jika kita menjadi pengendara yang  tidak memperhatikan kondisi jalan biasanya anda yng sering menerobos lubang dijalan menjadi penyebab velg motor anda bengkok. Jika hal ini terjadi maka sebaiknya untuk segera mengganti velg motor anda untuk mengatisapi berbagai bahaya.

Ketiga Periksa bearing Roda 

Hal ini bisanya jarang terjadi namun tidak ada salahnya jika hal ini ada periksa karena pada dasarnya bearing roda yang sudah tidak bagus bisa menjadi penyebab stang motor bergoyang untuk memeriksa apakah kondisi bearing bagus atau tidak bisa dengan melihan bantalan peluru apakah masih bagus atau sudah pecah. Kemudian anda bisa juga dengan menggoyang bearing tersebut kekiri atau kekanan jika terasa oblak maka sebaiknya diganti.

Keempat periksa Komstir

Untuk mengecek komstir ini anda dapat mencarinya pada sumbu antara segita garpu depan dan rangka motor. Komstir ini berfungsi memengang peranan dalam pengendelian motor, oleh sebab itu usia pemakaian dari komstir yang sudah lama sebaiknya harus segera diganti, kerusakan pada komstir biasanya pada mangkuk dan bleh yang sudah aus, dan pelu diingat sebaiknya jika sudah aus diganti dengan yang karena dengan baru bisa menambah usia pemakaian yang lebih lama.


Kelima periksa Shockbreaker

Hal ini tentunya biasa yang pertama anda periksa jika stang motor bergoyang atau tidak stabil, tabrakan dan motor yang sudah jatuh biasanya akan sangat mempengaruhi kerusakan pada shockbreaker dimana biasanya bantal karet shockbreaker tidak rapat atau solid lagi, jika hal ini terjadi segeralah bawa kebengkel terdekat dan perbaiki.

Keenam periksa segitiga dudukan stang

Hal ini yang menjadi hal terakhir jika kelima hal diatas dalam kondisi bagus atau masih baik. dudukan stang ini pada dasarnya berfungsi menghubungkan antara stang dengan shockbreaker bisanya tidak sejajarnya antara dudukan garpu kiri dan kanan motor. Untuk mengukurnya anda dapat melihanya dengan menggunakan fuller, jika hal ini terjadi maka segera bawa motor anda ke tukan press agar diperbaiki.

Demikian artikel ini semoga bisa menjadi tambahana referensi dalam merawat dan menjaga kestabilan motor anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Memperbaiki Stang Motor yang Goyang dan Tidak Stabil

2 komentar: